Cari Blog Ini

Selasa, 14 Juli 2015

Tentang KE MANA ZAKAT FITRAH DIBERIKAN

Di mana zakat fithrah dibayar?
Asy-Syaikh al-'Utsaimin rahimahullah menjawab, "Zakat Fithrah dibayar di tempat yang ketika 'Id tiba kamu berada di situ, meskipun jauh dari negerimu (yang asli)."
(Majmu' 18/263)

Majmu'ah Manhajul Anbiya

###

Bolehkah membagi zakat ke luar daerah/negeri orang yang berzakat?
Asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah menjawab, "Yang sunnah adalah membagikan zakat kepada kaum fuqara yang ada di negeri orang yang berzakat, tidak dikirim ke negeri/daerah lain. Supaya bisa mencukupi kaum fuqara di negeri/daerahnya dan memenuhi kebutuhannya."
(Majmu Fatawa wa Maqalat 14/213)

Majmu'ah Manhajul Anbiya

###

Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz Rahimahullah

Tanya:
بالنسبة للفطرة هل توزع على فقراء بلدتنا أم على غيرهم؟ وإذا كنا نسافر قبل العيد بثلاثة أيام ماذا نفعل تجاه الفطرة؟
Terkait dengan zakat fithri apakah dibagikan kepada kaum fuqara di negeri kami ataukah boleh juga ke selain mereka (fuqara negeri lain)?
Apabila kami safar (bepergian) tiga hari sebelum hari raya, apa yang harus kami lakukan terkait dengan zakat fithri?

Jawab:
السنة توزيع زكاة الفطر بين فقراء البلد صباح يوم العيد قبل الصلاة، ويجوز توزيعها قبل ذلك بيوم أو يومين ابتداء من اليوم الثامن والعشرين. وإذا سافر من عليه زكاة الفطر قبل العيد بيومين أو أكثر أخرجها في البلاد الإسلامية التي يسافر إليها، كانت غير إسلامية التمس بعض فقراء المسلمين وسلمها لهم. وإن كان سفره بعد جواز إخراجها فالمشروع له توزيعها بين فقراء بلده؛ لأن المقصود منها مواساتهم والإحسان إليهم وإغناؤهم عن سؤال الناس أيام العيد
Yang sunnah adalah MEMBAGIKAN ZAKAT FITHRI KEPADA KAUM FUQARA DI NEGERI TERSEBUT, pada pagi hari Id sebelum pelaksanaan shalat. Boleh juga dibagikan sebelum itu sehari atau dua hari sebelumnya, dimulai tanggal 28 Ramadhan.
Apabila orang yang berkewajiban membayar zakat fithri bepergian sebelum hari raya dua hari sebelumnya atau lebih, maka dia MENGELUARKANNYA DI NEGERI ISLAM YANG DIA SAFAR PADANYA. Apabila bukan negeri Islam, maka dia mencari kaum fuqara muslimin dan berikan kepadanya.
Kalau dia safar setelah waktu dibolehkannya dibagikan zakat, maka yang disyari’atkan untuknya adalah membagikan zakat fithrinya kepada kaum fuqara di negerinya.
Karena tujuan dari zakat fithri adalah menyenangkan kaum fuqara dan berbuat baik kepada mereka serta mencukupi mereka dari meminta-minta pada hari raya.
(Majmu Fatawa 14/214)

Majmu'ah Manhajul Anbiya

###

Fatwa Al-Lajnah Ad-Dã'imah lil Buhús wal Iftã'
[Pertanyaan kedua dari fatwa nomor 6829]

S O A L:
هل يجوز لي إخراج الزكاة عن أهلي، حيث إني صمت شهر رمضان في المنطقة الشرقية وأهلي بالجنوب؟
Apakah boleh bagi saya mengeluarkan zakat untuk keluarga saya, yang mana saya puasa ramadhan di propinsi bagian timur sementara keluarga saya berada di selatan?

J A W A B A N:
زكاة الفطر تخرج في المكان الموجود به الشخص لكن لو أخرجها عنه وكيله أو وليه في بلد غير البلد الموجود بها الشخص جاز
Zakat fitri dikeluarkan untuk orang yang berada di tempat dikeluarkannya zakat tersebut. Namun jika yang mengeluarkan zakat fitri itu adalah wakil atau walinya yang berada di tempat lain maka boleh.
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمـــد، وآلــــه وصحبـــه وسلـــم
Wabillãhit Taufíq washallallãhu 'alã Nabiyyinã Muhammad wa 'alã ãlihí wa shohbihí wasallam

Al-Lajnah Ad-Dã'imah lil Buhúts Ilmiyyah wal Iftã'
Ketua: Abdul Azíz bin Bãz
Wakil: Abdurrozãq Afifiy
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan | Abdullãh bin Qu'úd

Sumber:
■ Judul Kitab: Fatawa Al Lajnah Ad Da'imah
■ Urutan jilid/Pembahasan/Halaman: 09/Zakatul Fithr/384

Link Artikel:
shamela .ws/browse .php/book-8381/page-6785#page-6784

Alih Bahasa:
Abu Dawud Al-Pasimiy -hafizhohullaah-

WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www .alfawaaid .net

Tentang WAKTU UNTUK MEMBACA DOA ISTIFTAH PADA SALAT ID

SILSILAH RAGAM HUKUM TERKAIT 'IED

----------------------

Doa Istiftah Pada Shalat 'Id

☀ Fadhilatu asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin -rahimahullahu ta'ala- ditanya:
❓📬 "Kapankah doa Istiftah dibaca pada shalat 'Id? Langsung setelah takbiratul ihram, ataukah setelah takbir yang ketujuh?"

📒 Jawaban:

✅ "Doa Istiftah dibaca LANGSUNG SETELAH takbiratul ihram, demikianlah yang dijelaskan oleh para ulama. Dalam permasalahan ini terdapat kelonggaran.
➡ Bahkan seandainya dibaca SETELAH TAKBIR yang KETUJUH, juga TIDAK MENGAPA."

📚 Majmu' Fatawa wa Rasa'il al-'Utsaimin (16/237).

•••••••••••••••••
🌠📝 Majmu'ah Manhajul Anbiya

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tentang MAHRAM NON MUSLIM

Asy Syaikh Rabi bin Hadi al-Madkhali حفظه الله

Pertanyaan:
هل يجوز لزوجتي أن تكشف وجهها أمام والدي علما بأنه كافر؟
Bolehkah istri saya membuka wajahnya di hadapan ayah saya yang kafir?

Jawab:
الكافر قد يكون أمينا وقد يكون داعرا؛ فإذا كان داعرا فاسدا مفسدا ويزني فهذا تحتجب عنه، وإذا كان شريفا عفيفا وكان كافرا فالظاهر أنها لا تحتجب عنه، فالقرآن أباح للمرأة أن ترى زوجها وأباها وأبا زوجها وإخوانها وبني إخوانها وبني أخواتها، فأبو زوجها محرم لها فإن كان لا يعتبر زانيا فلا يحول بينه وبينها ويراها
Orang kafir terkadang amanah, terkadang pula punya sifat cabul. Apabila dia orang yang bersifat cabul, rusak, merusak, dan berzina, istri Anda berhijab darinya. Apabila dia orang yang mulia, menjaga diri (dari zina), namun kafir, maka yang tampak ialah istri Anda tidak berhijab darinya.
Al-Qur’an memperbolehkan seorang wanita memperlihatkan (wajah) di hadapan suaminya, ayahnya, ayah suaminya, saudara-saudara lelakinya, dan anak-anak lelaki dari saudara dan saudarinya. Jadi, ayah suami adalah mahram baginya. Jika ayah suami tidak tergolong pezina, istri tidak memberi penghalang antara dia dan ayah suaminya, dan ayah suaminya boleh melihatnya.
ولا أذكر نصا أو قولا للعلماء أنه إن كان كافرا لا يجوز أن يراها؛ يعني يُقال في هذا مثلا: إذا كان ولد الزوج لا يؤمن على زوجة أبيه يعني فاسد وكذا فتحتجب منه؛ إذا كان يعني قريبا من محارمها وهو فاسد تحتجب عنه لأن هذا لا يفرق بين الحلال والحرام أما إذا كان مأمونا فلا
Saya tidak mengingat ada nash atau ucapan ulama yang menyatakan bahwa ayah suami yang kafir tidak boleh melihat si wanita (istri anaknya).
Dalam masalah ini bisa dikatakan, misalnya, apabila seorang istri tidak merasa aman dari anak lelaki suaminya—dia orang yang rusak dan yang semisalnya—, istri berhijab darinya. Jika ada kerabatnya yang termasuk mahram namun orangnya rusak, si istri juga berhijab darinya. Sebab, orang ini tidak bisa membedakan antara yang halal dan yang haram.
Adapun jika dia adalah orang yang bisa dipercaya, istri tidak berhijab darinya.

Sumber:
www .sahab .net/forums/index .php?showtopic=129157#entry633256

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

Forum Salafy Indonesia

Tentang LAFADZ KARAMALLAHU WAJHAH DAN PENYEBUTAN GELAR AL-IMAM KEPADA ALI BIN ABI THALIB

Asy Syaikh Zaid bin Muhammad al Madkhaly رحمه الله

Soal:
سائل من المغرب عبر الشبكة يقول: ما حكم قولنا لعلي بن أبي طالب: الإمام علي؟ وكذلك قولنا: كرم الله وجهه، وتخصيصه بذلك عن باقي الصحابة؟
Seorang penanya dari Maroko melalui jaringan internet mengatakan: Apa hukum ucapan kami kepada Ali bin Abi Thalib: al-Imam Ali? Demikian juga ucapan kami: كرم الله وجهه (semoga Allah memuliakan wajahnya) dan pengkhususan ucapan tersebut dari shahabat yang lainnya?

Jawaban:
هذه نزعة شيعية، والأصل أن يقال رضي الله عنه، وإلا فهو إمام في العلم وهو الخليفة الراشد. يقال: الخليفة رابع الخلفاء الراشدين، فهو من الخلفاء الراشدين فيقال رضي الله عنه كما يقال لأبي بكر وعمر وعثمان وسائر أصحاب النبي -صلى الله عليه وسلم- رضي الله عنهم، فلا يقال: كرَّم الله وجهه، ولا يقال: الإمام، لأن هذا ليس من ألفاظ السلف وإنما هي من ألفاظ الشيعة. نعم
Ini merupakan sikap tendensi syiah. Secara asal ialah mengucapkan radhiyallahu anhu (semoga Allah meridhainya). Dan jika tidak demikian, maka beliau adalah imam di dalam ilmu dan khalifah ar-rasyid. Beliau disebut al-Khalifah, khalifah ar-Rasyid yang ke empat, maka beliau termasuk jajaran Khulafaur Rasyidun sehingga dikatakan kepada beliau radhiyallahu anhu sebagaimana yang dikatakan kepada Abu Bakar, Umar, Utsman, dan segenap shahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam lainnya radhiyallahu anhum. Jadi tidak dikatakan: karamallahu wajhahu, tidak pula al-Imam, karena ini bukan termasuk lafadz-lafadz salaf, tetapi lafadz-lafadz syiah.
(Transkrip dari Syarhus Sunnah materi 11)

Sumber:
www .sahab .net/forums/index .php?showtopic=135173#entry659538

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

Forum Salafy Indonesia

Tentang ITIKAF HANYA DI MALAM HARI

FATWA LAJNAH DAIMAH

Pertanyaan:
الأواخر لا نستطيع الاعتكاف في النهار حسب ظروف العمل، هل يصح أن نعتكف في الليل فقط وفي النهار نعمل في المحل؟
Sesungguhnya kami bekerja di toko pakaian, dan di bulan ramadan pada sepuluh terakhir kami tidak bisa beritikaf di siang hari karena waktunya bekerja, apakah sah kalau kami beritikaf pada malam harinya saja dan siang harinya kami bekerja di toko?

Jawaban:
يجوز الاعتكاف ولو ساعة من الزمن بمسجد تقام فيه صلاة الجماعة، ويصح الاعتكاف بلا صوم على الصحيح من أقوال العلماء؛ لما رواه عبد الله بن عمر عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما أنه قال: يا رسول الله إني نذرت في الجاهلية أن أعتكف ليلة في المسجد الحرام، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم:  أوفِ بنذرك فاعتكف ليلة أخرجه البخاري ومسلم في (صحيحيهما) وهذا لفظ البخاري (ج2 ص260) ولو كان الصوم شرطًا لصحة الاعتكاف لما أقره النبي صلى الله عليه وسلم على اعتكاف الليل فقط، وعلى ذلك يجوز لكم تحديد نية الاعتكاف في الليل فقط دون النهار لما ذكرتم ولكم أجر بقدر ذلك إن شاء الله
Boleh beritikaf walaupun cuma sesaat dari waktu di masjid yang dilaksanakan di sana shalat berjamaah. Dan sah juga beritikaf walaupun tanpa berpuasa menurut pendapat yang benar dari pendapat-pendapat ulama. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar dari Umar bin Al-Khatthaab radhiyallahu anhuma:  Bahwasanya beliau berkata:
Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya telah bernadzar di zaman jahiliyah, untuk saya beritikaf satu malam di masjidil haram. Maka beliau Shallallahu alaihi wasallam menjawab: Tunaikan nadzarmu. Maka Umar beritikaf satu malam. (HR. Bukhary juz 2 h 260)
Jika puasa termasuk syarat sah itikaf, niscaya Nabi tidak menyetujui beritikaf cuma satu malam saja. Oleh karena itu boleh bagi kalian membatasi niat beritikaf cuma pada malam hari saja siangnya tidak, karena alasan yang kalian sebutkan tadi. Dan kalian mendapatkan pahala sesuai kadar hal itu insya Allah.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Hanya Allahlah yang memberikan taufiq. Semoga Shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan shahabatnya.
Dewan tetap untuk Pembahasan Ilmiyah dan Fatwa
Ketua: Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz.
Wakil ketua: Abdul Aziz Alu Asy- Syaikh
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan, Shalih Al-Fauzaan, Bakr Abu Zaid

Sumber:
www .alifta .net/Fatawa

Alih bahasa:
Ustadz Abu Hafs Umar al-Atsary

Forum Salafy Indonesia

###

Asy-Syaikh Sholih bin Fauzan Al-Fauzan حفظه الله تعالى

Pertanyaan:
هل يجوز نية الاعتكاف ليلا حتى صلاة الفجر ثم المجيء قبل صلاة المغرب وتجديد نية الاعتكاف إلى الفجر وهكذا؟
Apakah diperbolehkan berniat i'tikaf di malam hari sampai sholat fajr (subuh), kemudian datang kembali sebelum sholat maghrib, dan memperbaharui niat i'tikaf sampai fajar (subuh), dan demikian seterusnya?

Jawab:
يجوز أن ينذر الاعتكاف في الليالي فقط عشر ليالي أو عشرين ليلة يجوز هذا كما في حديث عمر رضي الله عنه ويبدأ الليل من غروب الشمس وينتهي بطلوع الفجر
Diperbolehkan bernadzar untuk i'tikaf di malam-malam saja, 10 malam atau 20 malam. Ini diperbolehkan seperti dalam hadits Umar rodhiyallohu 'anhu. Dan malam itu dimulai sejak tenggelamnya matahari dan diakhiri dengan terbitnya fajar.

Sumber:
www .alfawzan .af .org .sa/node/14891

Alih bahasa:
Ibnu Abi Humaidi حفظه الله تعالى-  Syabab Ashhabus Sunnah

Untuk fawaaid lainnya bisa kunjungi website kami:
www .ittibaus-sunnah .net
ASHHABUS SUNNAH