Cari Blog Ini

Minggu, 23 November 2014

Tentang URUTAN SHALAT KETIKA MENGQADHA SHALAT FARDHU

Syaikh al-Muhaddits Muqbil bin
Hadi Al-Wadi’i rohimahulloh

Pertanyaan:
ﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻻﻗﺘﺪﺍﺀ ﺑﺎﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻭﺍﻟﻤﻘﺘﺪﻱ ﻳﺮﻳﺪ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﻣﻊ ﺍﻟﺪﻟﻴﻞ؟
Apakah dibolehkan mengikuti imam dalam sholat ashar sedangkan yang mengikuti ingin sholat dhuhur beserta dalil?

Jawaban:
ﻳﺠﻮﺯ؛ ﻷﻥ ﻣﻌﺎﺫﺍً ﻛﺎﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺛﻢ ﻳﺮﺟﻊ ﻭﻳﺼﻠﻲ ﺑﻘﻮﻣﻪ ﻓﻬﻮ ﻓﻲ ﻧﺎﻓﻠﺔ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﻭﻗﻮﻣﻪ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﻓﺮﻳﻀﺔ ﻫﺬﺍ ﺃﻣﺮ. ﻭﺑﻌﺾ ﻛﻴﻔﻴﺎﺕ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺨﻮﻑ ﺃﻳﻀﺎً ﻫﻜﺬﺍ ﺃﻧﻬﻢ ﻛﺎﻧﻮﺍ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﻣﻊ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﻳﺴﻠﻤﻮﻥ، ﻭﻳﺬﻫﺐ ﻭﻳﺼﻠﻲ ﺑﻄﺎﺋﻔﺔ ﺃﺧﺮﻯ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ، ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻜﻴﻔﻴﺎﺕ. ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺧﺘﻼﻑ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻳﺼﻠﻲ ﻣﻌﻬﻢ ﻇﻬﺮﺍً ﻭﻫﻢ ﻳﺼﻠﻮﻥ ﻋﺼﺮﺍً ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﺬﻟﻚ ﺇﻥ ﺷﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ
Boleh, karena Mu’adz pernah sholat bersama Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam kemudian pulang dan sholat bersama kaumnya dan beliau dalam sholat sunnah pada sholat kedua sedangkan kaumnya melakukan sholat wajib, ini satu hal.
Dan sebagian tata cara sholat khouf (dalam keadaan perang) juga demikian, bahwa mereka melakukan sholat bersama Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam dua roka’at kemudian mereka salam, dan pergi lalu sholat bersama sekelompok lainnya dua roka’at, pada sebagian tata cara. Maka ini (menunjukkan) bolehnya berbeda niat, sholat bersama mereka dhuhur sedangkan mereka melakukan sholat ashar, tidak mengapa dengan itu insya Alloh.

Penanya:
ﺛﻢ ﻳﺼﻠﻲ ﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻣﻨﻔﺮﺩﺍً؟
Kemudian melakukan sholat setelah itu sholat ashar sendirian?

Syaikh:
ﻧﻌﻢ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻣﻌﻬﻢ ﻋﺼﺮﺍً ﺛﻢ ﻳﺼﻠﻲ ﺍﻟﻈﻬﺮ؛ ﻷﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺭﺗﺐ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺨﻨﺪﻕ ﻗﺎﻝ: ﺷﻐﻠﻮﻧﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﻮﺳﻄﻰ ﻣﺎ ﺻﻠﻴﺘﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻏﺮﺑﺖ ﺍﻟﺸﻤﺲ، ﻓﺼﻠﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﻌﺼﺮ، ﺛﻢ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﺑﻌﺪﻫﺎ
Betul, dan tidak boleh sholat ashar bersama mereka kemudian sholat dhuhur, karena Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam mengurutkannya di hari terjadinya perang Khondak, beliau bersabda:
‏ﺷﻐﻠﻮﻧﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓِ ﺍﻟﻮﺳﻄﻰ ﻣﺎ ﺻﻠﻴﺘُﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻏﺮﺑﺖ ﺍﻟﺸﻤﺲُ
“Mereka telah membuat kami sibuk dari sholat ashar hingga aku tidak menunaikannya hingga matahari terbenam.”
Maka Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam sholat ashar, kemudian sholat maghrib setelahnya.

Sumber audio: muqbel .net

Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh

WA Ahlus Sunnah Karawang

###

Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah

Soal no. 208:
شخص دخل المسجد لصلاة العشاء ثم تذكر أنه لم يصل المغرب فماذا يعمل؟
Seseorang masuk masjid untuk sholat isya, kemudian dia teringat ternyata dia belum sholat magrib, apa yang harus dia lakukan?

Jawab:
الجواب: إذا دخلت المسجد وصلاة العشاء مُقامة ثم تذكَّرت أنك لم تصل المغرب فتدخل مع الجماعة بنية صلاة المغرب، وإذا قام الإمام إلى الركعة الرابعة فتجلس أنت في الثالثة، وتنتظر الإمام ثم تسلِّم معه، ولك أن تسلِّم ثم تدخل مع الإمام فيما بقي من صلاة العشاء، ولا يضرُّ اختلاف النية بين الإمام والمأموم على الصحيح من أقوال أهل العلم رحمهم الله ، وإن صليت المغرب وحدك ثم صليت مع الجماعة فيما أدركت من صلاة العشاء فلا بأس
Jika engkau masuk masjid dan sholat isya sedang ditegakkan, kemudian engkau ingat bahwasanya engkau belum sholat magrib, maka engkau masuk/ikut bersama jama'ah dengan niat sholat magrib, dan jika imam bangkit untuk rokaat yang keempat maka engkau duduk pada rakaat yang ketiga dan engkau tunggu imam kemudian ikut salam bersamanya.
Bisa juga engkau salam (pada rokaat ketiga) kemudian engkau masuk/ikut (sholat isya berjamaah) bersama imam dari apa yang tersisa dari sholat isya (kemudian sempurnakan sholat isya tersebut), dan tidak memudhorotkan/tidak mengapa (adanya) perbedaan niat antara imam dan ma'mum menurut pendapat yang shohih dari pendapat-pendapat ahli ilmu rahimahumullah.
Atau bisa juga engkau sholat magrib sendirian kemudian ikut (shalat isya) bersama jama'ah dari apa yang bisa engkau dapati dari sholat isya (tersebut), maka ini tidak mengapa.

Sumber: Fatawa Arkanil Islam Asy-Syaikh Al-Allamah Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

Alih bahasa: Abdullah Waqii' Al-Jawy

TIS (Thalab Ilmu Syar'i)

###

Asy Syaikh Ubaid bin Abdillah al Jabiry حفظه الله

Pertanyaan:
يسأل سائل فيقول هل يجوز للمأموم الذي يريد أن يصلي صلاة المغرب أن يأتم بالإمام إمام المسجد الذي يصلي صلاة العشاء؟
Apakah boleh bagi seorang makmum yang akan melaksanakan Shalat Maghrib dia bermakmum dengan imam masjid yang sedang Shalat Isya?

Jawaban:
هذا قال به طائفةٌ من أهل العلم، وفي ما أحفظ وأعلم أن الشيخ الإمام الأثري سماحة الوالد الشيخ عبد العزيز بن باز رحمه الله يرى هذا؛ ولكن عندي فيهِ نظر، لما فيه من الخلل والتفاوت، فأرى إن أمكنهُ صلاةُ المغرب قبل إقامة صلاة العشاء فعل وهو الواجب عليه، وإلا لم يمكنهُ صلى العشاء، فإذا صلى العشاء مع هذا الإمام فإذا فرغَ من صلاتهِ صلى المغرب
Pendapat ini dipegangi oleh sekelompok ulama. Dan yang aku hafalkan dan ketahui, bahwasanya asy-Syaikh al-Imam al-Atsari Samahatul Walid Abdul Aziz bin Baz rahimahullaah berpendapat demikian. Akan tetapi menurut pendapatku, masalah ini perlu diteliti. Dikarenakan pada pelaksanaannya ada sedikit celah dan ketidak sesuaian. Maka aku berpendapat jika masih memungkinkan bagi dia untuk Shalat Maghrib terlebih dahulu sebelum iqamah ditegakkan, maka dia lakukan dan itu wajib baginya. Dan jika tidak memungkinkan, maka dia Shalat Isya bersama imam, kemudian setelah selesai barulah dia Shalat Maghrib.
وفي هذا الحال يسقطُ عنه الترتيب والأفضل أن يصلي العشاء مع إمامه هذا نافلة فإذا فرغ صلى المغرب ثم العشاء وهذه الأخيرة هي فرضُه
Dalam  keadaan seperti itu telah ditiadakan kewajiban tartib (berurutnya waktu shalat) baginya. Dan yang afdhal dia Shalat Isya bersama imam dengan niat shalat sunnah, setelah selesai barulah dia Shalat Magrib dilanjutkan Shalat Isya (dan yang ini dia niatkan wajib).

Sumber:
ar .alnahj .net/fatwa/106

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

Forum Salafy Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar