Cari Blog Ini

Kamis, 18 Juni 2015

Tentang BERHUBUNGAN SEKSUAL DI SIANG HARI BULAN RAMADAN

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz رحمه الله

Pertanyaan:
رجل جامع زوجته في رمضان قبل طلوع الفجر، واستمر على هذه الحال حتى بعد طلوع الفجر، فماذا عليهما؟ جزاكم الله خيراً
Seorang pria berhubungan dengan isterinya (jima) di bulan Ramadhan sebelum terbit fajar, dan keadaan ini terus berlanjut hingga setelah terbit fajar. Apa yang wajib ia lakukan? Semoga Allah membalas kebaikan kepada anda.

Jawaban:
عليهما التوبة والكفارة وهي عتق رقبة، فإن لم يستطيعا فصيام شهرين متتابعين ستين يوماً، فإن لم يستطيعا، فإطعام ستين مسكيناً لكل مسكين نصف صاع من قوت البلد مقداره كيلو ونصف تقريباً، وعلى كل واحد منهما مع الكفارة المذكورة قضاء اليوم الذي حصل فيه الجماع. أصلح الله حالهما
Wajib bagi keduanya bertaubat dan membayar kaffarah yaitu membebaskan seorang budak.
Apabila keduanya tidak mampu maka berpuasa dua bulan berturut-berturut enam puluh hari.
Apabila tidak mampu, maka memberi makan enam puluh orang miskin. Setiap miskin mendapatkan setengah sha dari makanan pokok penduduk negeri setempat yang beratnya kurang lebih 1,5 kg. Dan bersamaan dengan kaffarah tersebut, wajib bagi tiap masing-masingnya untuk membayar qadha hari yang ia melakukan jima padanya. Semoga Allah memperbaiki keadaan kalian berdua.

Sumber:
www .binbaz .org .sa/node/536

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

Forum Salafy Indonesia

###

Asy Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz رحمه الله

Pertanyaan:
ما حكم من جامع في نهار رمضان وهو صائم، وهل يجوز للمسافر إذا أفطر أن يجامع أهله؟
Apa hukum seorang yang melakukan jima di siang hari Ramadhan dalam keadaan sedang berpuasa, dan apakah musafir itu boleh mencampuri istrinya bila ia sedang berbuka (tidak berpuasa)?

Jawaban:
على من جامع في نهار رمضان وهو صائم صوماً واجباً الكفارة، أعني كفارة الظهار مع وجوب قضاء اليوم، والتوبة إلى الله سبحانه مما وقع منه. أما إن كان مسافراً أو مريضاً مرضاً يبيح له الفطر فلا كفارة عليه ولا حرج عليه، وعليه قضاء اليوم الذي جامع فيه؛ لأن المريض والمسافر يباح لهما الفطر بالجماع وغيره، كما قال الله سبحانه: فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ. وحكم المرأة في هذا الحكم حكم الرجل إن كان صومها واجباً وجبت عليها الكفارة مع القضاء، وإن كانت مسافرة أو مريضة مرضاً يشق معه الصوم فلا كفارة عليها
Orang yang melakukan jima di siang hari Ramadhan ketika sedang berpuasa wajib, maka wajib baginya membayar kaffarah yaitu kaffarah zhihar beserta kewajiban mengqadha hari di mana ia melakukan perbuatan tersebut, diiringi dengan taubat kepada Allah subhanahu wa taala atas ketergelincirannya tersebut.
Adapun bila ia seorang musafir atau dalam keadaan sakit yang diperbolehkan untuk berbuka, maka tidak ada kaffarah dan tidak ada dosa baginya. Ia hanya wajib mengqadha hari di mana ia melakukan jima padanya. Karena seorang yang sakit dan musafir, boleh baginya berbuka baik dengan melakukan jima ataupun yang lainnya. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa taala:
فمن كان منكم مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر
Barang siapa di antara kalian sakit atau dalam perjalanan (lalu berbuka) maka ia menggantinya di hari-hari yang lain. (surat al-Baqarah: 184)
Dan dalam hukum ini, hukum wanita sama dengan hukum laki-laki. Apabila puasanya wajib, maka wajib membayar kaffarah disertai membayar qadha (hari itu). Namun bila ia seorang musafir atau dalam keadaan sakit yang puasa itu akan memberatkannya, maka tidak ada kaffarah baginya.

Sumber:
www .binbaz .org .sa/node/540

Alih bahasa: Syabab Forum Salafy

Forum Salafy Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar