Cari Blog Ini

Jumat, 13 Mei 2016

DIMANAKAH RUH PARA NABI BERADA?

❄ _Silsilah Tanya Jawab_ ❄

💺Mufti: al-Imam Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah

❓ *DIMANAKAH RUH PARA NABI BERADA?*

Syaikh kami-semoga Allah menjaga anda-berkata seorang penanya:

❓"Apakah arwah para Nabi dan jasad-jasad mereka berada di langit ataukah hanya arwah mereka saja?

Jawaban:

✒ Arwah mereka berada di Jannah(surga). Arwah para syuhada', arwah para Nabi, dan arwah kaum mukminin  semuanya berada di Jannah. Apabila kaum mukminin, ruh-ruh mereka(saja) beristirahat di Jannah dimana saja mereka inginkan, lalu bagaimana dengan para Nabi 'alayhimush shalaatu was salaam?!

☄Maka arwah mereka bukanlah berada di kuburan sebagaimana digambarkan sebagian manusia. Hanya saja arwah mereka(para Nabi) berada di langit, di Jannah. Dan tidak akan bertemu jasad dan ruh kecuali pada hari kiamat

(( يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجًا)) [النبأ: 18]

"Pada hari ditiupnya sangkakala, lalu kalian datang dalam keadaan berkelompok-kelompok."(an-Naba':18)

🌱 Disana mereka dibangkitkan oleh Allah. Orang yang pertama kali dibelah kuburnya adalah Muhammad shallallaahu 'alayhi wa sallam. Beliaulah orang yang pertama kali dibangkitkan, shallallaahu 'alayhi wa sallam. Adapun hadits: "Para Nabi, mereka hidup di kuburan-kuburan mereka, mereka shalat di dalamnya." Walaupun hadits itu dishahihkan asy-Syaikh al-Albani, tetapi(sebenarnya) hadits tersebut lemah sekali. Dan ini adalah hadits pertama yang aku kritik dengannya terhadap beliau rahimahullah."

📚 Fatawa fil 'aqiidah wal manhaj al-halqatul ula

✅ Sumber:  Qanah asy-Syaikh Rabi' hafizhahullah ar-Rasmiyyah.

🔎 Muraja'ah: al-Ustadz Musa hafizhahullah

🍋 TwIS
_______________________

🇸🇦 Arabic

شيخنا -حفظكم الله - يقول السائل: هل الأنبياء أرواحهم وأجسادهم في السماء أم أرواحهم فقط؟

الجواب؛
أرواحهم في الجنة؛ أرواح الشهداء, أرواح الأنبياء, أرواح المؤمنين كلّها في الجنّة, إذا كان المؤمنون تسرح أرواحهم في الجنة حيث شاءت فكيف بالأنبياء عليهم الصلاة والسلام ؟! فليست أرواحهم في القبور كما يتصوره بعض الناس, وإنّما هي في السماء في الجنّة ولا يلتقي الجسد والروح إلاّ يوم القيامة (( يَوْمَ يُنفَخُ فِي الصُّورِ فَتَأْتُونَ أَفْوَاجًا)) [النبأ: 18] هناك يبعثهم الله, أول من ينشقّ عنه القبر محمد صلى الله عليه وسلم؛ هو أول من يُبعَث عليه الصلاة والسلام؛ وحديث: "الأنبياء أحياء في قبورهم يُصَلون" وإن كان صححه الشيخ الألباني فإنّه ضعيفٌ جدّاً - وهو أول حديث اعترضت به عليه -رحمه الله-.

[فتاوى في العقيدة والمنهج الحلقة الأولى]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar