Cari Blog Ini

Rabu, 13 Juli 2016

Bolehkah Memberi Zakat Fithri Kepada Orang yang Tidak Sholat?

📗Bolehkah Memberi Zakat Fithri Kepada Orang yang Tidak Sholat?

بجواري جار مسلم لكنه لا يصلي، هل لو أعطيته صدقة أو نحوها أكون مأجوراً؟

Pertanyaan: Di samping saya ada tetangga Muslim tapi dia tidak sholat. Apakah boleh saya memberikan shodaqoh atau yg semacamnya sehingga saya bisa mendapatkan pahala?

Jawaban Syaikh Bin Baz rahimahullah:

الواجب نصيحته وإنكار عمله السيئ وهو ترك الصلاة، فإن استجاب فالحمد لله وإلا فالواجب هجره ومقاطعته حتى يصلي، لأن ترك الصلاة منكر عظيم بل كفر أكبر على أصح قولي العلماء، فلا يجب التساهل معه، بل يجب أن ينصح ويوجه ويبين له أيضاً الخطأ في عمله السيء، ولا يعطى من الزكاة شيئاً حتى يسلم حتى يصلي، أما صدقة التطوع إذا أعطاه من باب الترغيب من باب الدعوة إلى الله كما يعطى الكافر المعاهد والذمي من صدقة التطوع فلا بأس من هذه الحيثية.

Yang wajib adalah menasehatinya dan mengingkari perbuatan buruknya yaitu meninggalkan sholat. Jika ia mau menerima, Alhamdulillah. Kalau tidak mau, wajib menjauhi dan memutuskan hubungan hingga ia mau sholat. Karena meninggalkan sholat adalah kemungkaran besar bahkan kekufuran besar menurut pendapat yg paling benar dari para Ulama. Tidak wajib bersikap meremehkan hal itu. Bahkan, yang wajib adalah menasehati, mengarahkan, dan menjelaskannya juga kepadanya akan kesalahan pada perbuatan buruk tersebutnya itu.

Tidak boleh diberikan zakat sedikitpun hingga ia (kembali) berIslam, hingga ia sholat.

Sedangkan shodaqoh Sunnah jika diberikan utk memotivasi, mengajaknya kepada (jalan) Allah, seperti (juga yang) diberikan (shodaqoh Sunnah) kepada kafir Muahad atau dzimmi, maka tidak mengapa (pemberian yg bersifat memberi semangat) yg semacam ini

Sumber : http://www.binbaz.org.sa/noor/5065

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman

💡💡📝📝💡💡

WA al-I'tishom

↪Turut publikasi

#singapura #salafysingapura
#zakat #ibnbaz

● ● ● ● ● ● ● ● ●
Salafy Singapura 🇸🇬

📱Telegram
https://tlgrm.me/salafysingapura
📌Twitter
https://twitter.com/salafysingapura
📻LIVE Streaming
http://mixlr.com/salafysingapura
💻Youtube
www.youtube.com/SalafySingapura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar