Cari Blog Ini

Rabu, 17 September 2014

Tentang MENGAJARI ANAK KECIL MENGHAFAL AL-QURAN

Fadhilatusy Syaikh Muhammad ibnu
Shalih Al-’Utsaimin rahimahullah

Tanya:
Bolehkah ayah dan ibu mengajarkan hafalan Al-Qur’an kepada anak mereka yang masih kecil, sementara keduanya tahu si anak terkadang melantunkan surat yang dihafalnya di kamar mandi saat buang hajat, atau si anak membacanya dengan cara yang tidak pantas (terhadap Al-Qur’anul Karim), dalam keadaan si anak telah berulang kali diperingatkan?

Jawab:

“Iya, sepantasnya ayah dan ibu membacakan Al-Qur’anul Karim kepada anak mereka agar si anak menghafalnya dan keduanya memperingatkan si anak agar tidak membaca Al-Qur’an di tempat yang tidak sepantasnya. Kalau toh anak-anak tetap melakukannya maka mereka belum mukallaf (belum dibebani syariat, belum terkena perintah dan larangan). Mereka tidak berdosa. Ketika ayah atau ibu mendengar si anak membacanya di tempat yang tidak layak, hendaknya menerangkan bahwa hal itu tidak boleh.
Anak kecil harus dihasung untuk banyak menghafal Al-Qur’an. Disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari tentang ‘Amr ibnu Salamah Al-Jarmi yang menjadi imam bagi kaumnya, padahal usianya baru enam atau tujuh tahun. Dan itu terjadi di masa Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam.”

[Majmu’ah As’ilah Tuhimmu Al-Usrah Al-Muslimah, hal. 151]

###

Jum'at, 25 Dzulhijjah 1436H / 9 Oktober 2015
Dijawab oleh Al Ustadzah Ummu Abdillah Zainab bintu Ali Bahmid hafizhahallah

PERTANYAAN

Bismillah
Afwan Ustadzah, mana metode menghafal Al-Qur'an yang bagus untuk anak, apa harus menunggu anak sudah bisa baca Al-Qur'an dengan benar paham tajwidnya baru boleh menghafal atau dimulai sejak dini sejak usia 3 tahun kita ajak mereka terbiasa menghafal dengan diperdengarkan murottal juz 30 tiap hari dan di murajaah kembali bersama umminya ba'da Maghrib?
Karena dengan metode ini hasilnya anak lebih cepat hafal, kadang anak usia 5 tahun sudah bisa hafal juz 30 taip belum  benar makhrajnya Ustadzah?
Jazakallahu khairan.

JAWABAN

Melihat para ulama dimana kebanyakan mereka telah hafal Al-Qur'an 30 juz sejak kanak-kanak, sehingga kita fahami bahwa di usia dini mereka telah belajar menghafal Al-Qur'an, bahkan sebelum belajar ilmu yang lain, mereka lebih dahulukan belajar menghafal Al-Qur'an, sebab usia 3 tahun misalnya untuk mengawali menghafal Al-Qur'an sangat bagus karena akal pikiran dan hati masih suci sehingga lebih cepat berhasil menghafal Al-Qur'an.
Adapun belajar tajwid lebih sulit dari belajar menghafal,  maka tajwid bisa dipelajari setelah usia anak semakin bertambah, dan setelah menghafal Al-Qur'an.
Barakallahu fiki.

Nisaa As-Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar