Cari Blog Ini

Selasa, 03 Maret 2015

Tentang MEMBUAT RUMAH DENGAN TATA RUANG YANG BAIK DALAM RANGKA MENJAGA AURAT, KEHORMATAN, HARGA DIRI, DAN PRIVASI

Poin ini sering terlupakan oleh kebanyakan kaum muslimin. Rumah-rumah mereka kurang bisa menjadi pelindung bagi aurat anggota keluarga dan privasi mereka bahkan dengan mudahnya orang yang tidak berhak (baik yang bukan mahram atau orang lain secara umum) keluar masuk tanpa izin.

Padahal Allah telah memerintahkan:
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memasuki rumah yang bukan rumah kalian sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagi kalian, agar kalian (selalu) ingat. Jika kalian tidak menemui seorang pun di dalamnya, maka janganlah kalian masuk sebelum mendapat izin. Dan jika dikatakan kepada kalian "Kembali (saja)lah," maka hendaklah kalian kembali. Itu lebih suci bagi kalian dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan." (an-Nur: 27-28)

Maka seorang mukmin yang memiliki sifat cemburu tidak akan ridha jika ada orang luar/asing yang keluar masuk ke rumahnya dan berbaur dengan anggota keluarganya tanpa ada batasan, tidak memperdulikan privasi dan aurat dirinya dan keluarganya. Sudahkah kita punya sifat cemburu semacam ini?

(Disarikan dari al-Khuthab al-Minbariyyah as-Syaikh al-Fauzan 3/189 dengan adanya penambahan dan pengurangan)

Penulis: Ustadz Abdullah Imam

BULETIN AL ILMU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar