Cari Blog Ini

Selasa, 16 Juni 2015

Tentang MENGURUS JENAZAH JANIN YANG GUGUR

Syaikh Bin Baz rahimahullah berkata:
وهذا الدم الذي ليس فيه خلق الإنسان ليس له حكم الولد لا يغسل ولا يصلى عليه ولا يدفن في مقابر المسلمين كل هذا
Dan darah (keguguran) yang tidak terdapat padanya bentuk manusia maka tidak dihukumi sebagai anak (manusia), tidak dimandikan, tidak disholatkan, dan tidak dimakamkan di pekuburan muslimin, seluruhnya.
أما إذا كان فيه خلق الإنسان فإنه يعتبر جنينا ويكون لها حكم النفاس لكن إذا كان ما نفخت فيه الروح ما تحرك في بطن أمه لا بأس أن يدفن في عرض البيت في حفرة في الحوش لا حرج لأنه ما صار له حكم الأموات حينئذ ما نفخت فيه الروح ما بعد تحرك في بطن أمه ليس له حكم الأموات لكن حكم الإنسان في وجوب النفاس في حكم النفاس فقط
Adapun jika didapati bentuk manusia maka ia dianggap janin (manusia) dan berlaku bagi ia (wanita) hukum nifas.
NAMUN apabila belum ditiupkan ruh padanya, belum bergerak di perut ibunya maka tidak mengapa untuk dikubur di pinggiran rumah, di dalam galian di pekarangan. Tidak mengapa karena belum berlaku hukum orang meninggal (jenazah) padanya di saat ini, belum ditiupkan ruh padanya. Akan tetapi hukum insan (janin berbentuk manusia berlaku) untuk kewajiban nifas, dalam hukum nifas saja.
أما إذا نفختفيه الروح تحرك ثم ولدته ميت أو حيا ثم مات هذا يغسل ويصلى عليه يغسل ويكفن ويصلى عليه ويدفن في مقابر المسلمين هذا الذي ينبغي هذا هو تفصيل هذه المسألة
Adapun jika telah ditiupkan ruh padanya, telah bergerak (dalam perut ibunya) kemudian dilahirkan dalam keadaan telah meninggal atau lahir hidup kemudian meninggal, (maka) ini dimandikan dan disholati atasnya.
Dimandikan, dikafani, dan disholatkan atasnya serta dimakamkan di pekuburan muslimin. Inilah yang selayaknya.
Inilah rincian untuk permasalahan ini.

Sumber:
binbaz .org .sa/mat/17661

Tidak ada komentar:

Posting Komentar