Cari Blog Ini

Kamis, 05 November 2015

Tentang MEMANFAATKAN WAKTU PAGI SEBAIK-BAIKNYA

Dari Shakhr Bin Wada'ah Al-Ghamidi Radhiallahu Anhu, dari Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى آلِهِ وَسَلَّمَ  bersabda:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا
"Ya Allah, berilah berkah kepada umatku dipagi harinya."
Beliau صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى آلِهِ وَسَلَّمَ  apabila mengutus pasukan, beliau mengutusnya di pagi hari. (Perawi berkata): Dan Shakhr adalah seorang pedagang, dia mengirim barang dagangannya di pagi hari, sehingga ia menjadi kaya dan melimpah hartanya.
(HR. Abu Dawud, dishahihkan Al-Albani. Hadits ini juga diriwayatkan beberapa sahabat, di antaranya Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud, dan yang lainnya Radhiallahu Anhum)

Berkata Ibnul Mulaqqin Rahimahullah:
لا يدل أن غير البكور لا بركة فيه؛ لأن كل ما فعله الشارع ففيه البركة ولأمته فيه أكرم الأسوة، إنما خص البكور بالدعاء من بين سائر الأوقات؛ لأنه وقت يقصده الناس بابتداء أعمالهم، وهو وقت نشاط وقيام من دعةٍ فخصه بالدعاء لينال بركة دعوته جميع أمته
"(Hadits ini) tidak menunjukkan bahwa selain pagi hari tidak memiliki keberkahan padanya, sebab segala hal yang diperintahkan syari'at ,didalamnya terdapat keberkahan, dan pada diri Rasul صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى آلِهِ وَسَلَّمَ merupakan tauladan yang paling mulia bagi umatnya. Namun dikhususkannya pagi hari dengan doa tersebut dibanding waktu-waktu lainnya, sebab waktu tersebut merupakan waktu manusia memulai aktifitas mereka, dan itu merupakan waktu bergiat dan bangkit dari masa istirahat, maka dikhususkan dengan doa agar ia meraih berkah dari doa Beliau صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلٰى آلِهِ وَسَلَّمَ kepada seluruh umatnya."
(At-Taudhih syarah Al-jami' ash-shahih: 18/ 53)

telegram.me/Askarybinjamal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar