Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Oktober 2014

Tentang BERDOA KETIKA SUJUD DALAM SHALAT

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
ﺃﻵ ، ﻭَﺇِﻧِّﻲ ﻧُﻬِﻴْﺖُ ﺃَﻥ ﺃَﻗْﺮَﺃَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﺭَﺍﻛِﻌًﺎ ﺃَﻭْ ﺳَﺎﺟِﺪً ﺍ، ﻓَﺄَﻣَّﺎ ﺍﻟﺮُّﻛُﻮْﻉُ ﻓَﻌَﻈِّﻤُﻮْﺍ ﻓِﻴْﻪِ ﺍﻟﺮَّﺏَّ ﻋﺰ ﻭ ﺟﻞ ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟﺴُّﺠُﻮْﺩُ ﻓَﺎﺟْﺘَﻬِﺪُﻭْﺍ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀَ ﻓَﻘَﻤِﻦٌ ﺃَﻥْ ﻳُﺴْﺘَﺠَﺎﺏَ ﻟَﻜُﻢْ
“Sungguh, aku dilarang untuk membaca al-Qur’an ketika ruku’ dan sujud. Adapun ketika ruku’ maka agungkanlah Rabb di dalamnya. Adapun saat sujud, bersungguh-sungguhlah dalam berdoa karena pantas doa kalian dikabulkan.” (HR. Muslim no. 1074 dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan,
ﺃَﻗْﺮَﺏُ ﻣَﺎ ﻳَﻜُﻮْﻥُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻪِ ﻭَ ﻫُﻮَ ﺳَﺎﺟِﺪٌ، ﻓَﺄَﻛْﺜِﺮُﻭﺍ ﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀَ ﻓِﻴْﻪِ
“Sedekat-dekatnya hamba dengan Rabbnya adalah di saat si hamba sedang sujud, maka perbanyaklah doa di dalam sujud.” (HR. Muslim no. 1083 dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Dibolehkan berdoa dalam sujud dengan doa yang ada dalam al-Qur’an, seperti ketika sujud seseorang membaca doa,
ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻏْﻔِﺮْﻟَﻨَﺎ ﺫُﻧُﻮْ ﺑَﻨَﺎ ﻭَﺍِﺳْﺮَﺍﻓَﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍَﻣْﺮِﻥَ ﻭَﺛَﺒِّﺖْ ﺍَﻗْﺪَﺍﻣَﻨَﺎ ﻭَﺍﻧْﺼُﺮْﻧَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻘَﻮْﻡِ ﺍﻟْﻜَﺎﻓِﺮِﻳْﻦَ۝
“Wahai Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami, kokohkanlah telapak-telapak kaki kami (tetapkanlah pendirian kami) dan tolonglah kami dari orang-orang kafir.” (Ali Imran: 147)
atau berdoa,
ﺭَﺑَّﻨَﺂﺍٰﺗِﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻓِﻰ ﺍﻟْﺎٰﺧِﺮَﺓِ ﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍ ﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ۝
“Wahai Rabb kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungi kami dari azab neraka.” (al-Baqarah: 201)
Hal ini dibolehkan karena yang mengucapkannya tidak bersengaja untuk membaca al-Qur’an, tapi ia bermaksud berdoa dengan doa yang ada dalam al-Qur’an, maka doa yang dibacanya termasuk zikir. (asy-Syarhul Mumti’, 3/133)

###

Pertanyaan kepada asy-Syaikh Shalih al Fauzan hafizhahullah:

Diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam doa yang dibaca ketika sujud. Apakah boleh untuk membaca doa yang lain atau mulai dengan dzikir “ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻰَ ﺍﻷَﻋْﻠَﻰ ”  kemudian membaca doa yang lain?

Beliau menjawab:

Seharusnya memulai membaca:
ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻰَ ﺍﻷَﻋْﻠَﻰ
Dzikir ini wajib di antara kewajiban-kewajiban shalat. Jika dia meninggalkan dengan sengaja maka shalatnya tidak sah dan adapun doa (setelah dzikir di atas) maka dia sunnah dibaca apa yang mudah bagimu dan apa yang Allah bukakan atasmu.

Sumber:‏
alfawzan[dot]af[dot]org[dot]sa

Ustadz Abu Muhammad Arsyad Hafizhahullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar