Cari Blog Ini

Sabtu, 13 September 2014

Tentang MENGUCAPKAN SALAM KETIKA MASUK RUMAH SENDIRI

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman di dalam Kitab-Nya yang mulia:
“Apabila kalian memasuki rumah, maka ucapkanlah salam bagi diri kalian sebagai penghormatan dari sisi Allah yang penuh berkah dan kebaikan.” (An-Nur: 61)

Diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu 'anhu dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:
ﺛَﻼَﺛَﺔٌ ﻛُﻠُّﻬُﻢْ ﺿَﺎﻣِﻦٌ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ : ‏( ﻣِﻨْﻬَﺎ ‏) ﻭَﺭَﺟُﻞٌ ﺩَﺧَﻞَ ﺑَﻴْﺘَﻪُ ﺑِﺴَﻼَﻡٍ ﻓَﻬُﻮَ ﺿَﺎﻣِﻦٌ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ
“Ada tiga orang yang mendapat jaminan dari Allah 'Azza wa Jalla, (di antaranya) seseorang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka dia mendapatkan jaminan dari Allah 'Azza wa Jalla.” (HR. Abu Dawud no. 2494, dikatakan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud: shahih)

Dan berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, “Wahai anakku, apabila kamu masuk ke keluargamu maka ucapkanlah salam, yang akan menjadi berkah bagimu dan bagi keluargamu.” (HR. At-Tirmidziy no.2841)

Adapun jika rumah dalam keadaan tidak ada orang, maka telah dijelaskan oleh para pendahulu kita yang shalih, di antaranya Mujahid dan Qatadah: Apabila engkau masuk rumah untuk menemui keluargamu, ucapkanlah salam kepada mereka. Apabila engkau masuk rumah yang tak berpenghuni, ucapkanlah:
ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻨَﺎ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻋِﺒَﺎﺩِ ﺍﻟﻠﻪِﺍﻟﺼَّﺎﻟِـﺤِﻴْﻦَ
(Tafsir Ibnu Katsir, 5/431)

Abdullah bin Umar berkata:
إِذَا دَخَلَ الْبَيْتَ غَيْرَ الْمَسْكُونِ فَلْيَقُلِ: السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ
Jika seseorang masuk ke dalam rumah yang tidak berpenghuni, maka hendaknya dia mengucapkan, ASSALAAMU ‘ALAINA WA ‘ALAA ‘IBAADILLAAHISH SHAALIHIIN’ (semoga keselamatan senantiasa tercurahkan atas kami dan hamba-hamba Allah yang shalih). [HR. Al-Bukhari dalam kitab Al-Adabul Mufrad no. 1055, dihasankan oleh al-‘Allamah al-Albani rahimahullah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar