Cari Blog Ini

Minggu, 26 Oktober 2014

Tentang MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI

Asy-Syaikh ibnu ‘Utsaimin rahimahullah berkata:
ﻓﺎﻷﻓﻀﻞ ﻓﻲ ﺍﻷﻛﻞ ﻭﺍﻟﺸﺮﺏ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻗﺎﻋﺪﺍ؛ ﻷﻥ ﻫﺬﺍ ﻫﻮ ﻫﺪﻱ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻭﻻ ﻳﺄﻛﻞ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ ﻭﻻ ﻳﺸﺮﺏ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ. ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺸﺮﺏ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ ﻓﺈﻧﻪ ﺻﺢ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺫﻟﻚ. ﻭﺳﺌﻞ ﺃﻧﺲ ﺑﻦ ﻣﺎﻟﻚ ﻋﻦ ﺍﻷﻛﻞ ﻗﺎﻝ: ﺫﺍﻙ ﺃﺷﺮ ﻭﺃﺧﺒﺚ، ﻳﻌﻨﻲ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﺃﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺮﺏ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﻓﺎﻷﻛﻞ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺃﻭﻟﻲ. ﻟﻜﻦ ﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺻﺤﺤﻪ ﻗﺎﻝ: ﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﻋﻬﺪ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻧﺄﻛﻞ ﻭﻧﺤﻦ ﻧﻤﺸﻲ، ﻭﻧﺸﺮﺏ ﻭﻧﺤﻦ ﻗﻴﺎﻡ. ﻓﻬﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﻬﻲ ﻟﻴﺲ ﻟﻠﺘﺤﺮﻳﻢ ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻟﺘﺮﻙ ﺍﻷﻭﻟﻰ، ﺑﻤﻌﻨﻰ ﺃﻥ ﺍﻷﺣﺴﻦ ﻭﺍﻷﻛﻤﻞ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﻋﺪ ﻭﺃﻥ ﻳﺄﻛﻞ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﻋﺪ ﻭﻟﻜﻦ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ ﻭﺃﻥ ﻳﺄﻛﻞ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ، ﻭﺍﻟﺪﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ: ﺳﻘﻴﺖ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺃﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻣﻦ ﺯﻣﺰﻡ ﻓﺸﺮﺏ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﺋﻢ. ﻓﺎﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻥ ﺍﻷﻛﻤﻞ ﻭﺍﻷﻓﻀﻞ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻭﻫﻮ ﻗﺎﻋﺪ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺸﺮﺏ ﻗﺎﺋﻤﺎ، ﻭﻗﺪ ﺷﺮﺏ ﻋﻠﻲ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻃﺎﻟﺐ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﺋﻤﺎ، ﻭﻗﺎﻝ: ﺇﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻌﻞ ﻛﻤﺎ ﺭﺃﻳﺘﻤﻮﻧﻲ ﻓﻌﻠﺖ، ﻓﺪﻝ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﺸﺮﺏ ﻗﺎﺋﻤﺎ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﻪ، ﻟﻜﻦ ﺍﻷﻓﻀﻞ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﻗﺎﻋﺪﺍ
Lebih afdhal seseorang untuk makan dan minum dalam keadaan duduk, karena ini petunjuk Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, dan janganlah dia makan dan minum dalam keadaan berdiri.
Adapun minum dalam keadaan berdiri telah shahih dari Nabi tentang pelarangannya. Ditanyakan kepada sahabat Anas bin Malik Radhiayallahu ‘anhu tentang makan dalam keadaan berdiri maka beliau berkata, “Itu lebih buruk lagi.” Maknanya yaitu jika minum sambil berdiri dilarang maka makan sambil berdiri lebih utama lagi untuk ditinggalkan.
Akan tetapi, dalam hadits ‘Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu yang dikeluarkan oleh Imam At-Tirmidzi dan beliau mensahihkannya, Umar berkata, ”Di masa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam kami makan dalam keadaan berjalan dan minum dalam keadaan berdiri.”
Maka hadits ini menunjukkan bentuk pelarangan makan dan minum sambil berdiri bukanlah keharaman, akan tetapi meninggalkannya lebih utama. Yaitu seseorang lebih baik dan lebih sempurna untuk makan dan minum sambil duduk, akan tetapi makan dan minum sambil berdiri tidaklah mengapa.
Dalil dalam hal ini juga datang dari sahabat Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, “Aku memberi minum Nabi dengan air zamzam dan beliau meminumnya dalam keadaan berdiri.”
Alhasil, dari bentuk kesempurnaan dan keutamaan seseorang dalam hal makan dan minum adalah dalam keadaan duduk, akan tetapi boleh untuk dia makan dan minum dalam keadaan berdiri.
Adalah Ali bin Abi Tholib Radhiyallahu ‘anhu suatu ketika minum dalam keadaan berdiri dan beliau berkata, “Sesungguhnya Nabi melakukannya sebagaimana engkau melihatku melakukannya.”
Maka hal ini menunjukkan bolehnya makan dan minum sambil berdiri, akan tetapi YANG AFDHAL UNTUK DIA MAKAN DANCMINUM SAMBIL DUDUK.
- selesai nukilan -
(Syarh Riyadhus sholihin syaikh Utsaimin jilid 2 hal. 606–610)

Lajnah Daimah lil Buhuts Al Ilmiah wal Ifta berfatwa:
ﺍﻷﺻﻞ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻗﺎﻋﺪﺍ ﻭﻫﻮ ﺍﻷﻓﻀﻞ، ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺸﺮﺏ ﻗﺎﺋﻤﺎ، ﻭﻗﺪ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻷﻣﺮﻳﻦ ﻟﻠﺪﻻﻟﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﺳﻊ. ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ، ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ
Hukum asal seseorang minum adalah dalam keadaan duduk, inilah yang afdhal, namun boleh dia minum dalam keadaan berdiri. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam telah melakukan kedua hal tersebut, yang menunjukkan perkara ini luas.

Ketua: Abdul Aziz bin Baz
Wakil Ketua: Abdurrazzaq Afifi
Anggota: Abdullah bin Ghudayyan
Anggota: Abdullah Qu’ud

Sumber nukilan:
sahab[dot]net

WA Forum Berbagi Faidah

Dikutip dari WA SAS via Ittiba’us Sunnah

###

Berkata Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah:
الأحاديث الواردة في هذا صحيحة عن النبي صلى الله عليه وسلم النهي عن الشرب قائماً والأكل مثل ذلك، وجاء عنه صلى الله عليه وسلم أنه شرب قائماً، فالأمر في هذا واسع وكلها صحيحة والحمد لله، فالنهي عن ذلك للكراهة، فإذا احتاج الإنسان إلى الأكل واقفاً أو إلى الشرب واقفاً فلا حرج، وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه شرب قاعداً وقائماً، فإذا احتاج الإنسان إلى ذلك فلا حرج أن يأكل قائماً وأن يشرب قائماً، وإن جلس فهو أفضل وأحسن، وثبت عنه صلى الله عليه وسلم أنه شرب من زمزم واقفاً عليه الصلاة والسلام، وقد ثبت عنه صلى الله عليه وسلم من حديث علي رضي الله عنه أنه شرب قائماً وقاعداً، والأمر في هذا واسع، والشرب قاعداً والأكل قاعداً أفضل وأهنأ، وإن شرب قائماً فلا حرج، وهكذا إن أكل قائماً فلا حرج
Hadits-hadits yang ada dalam masalah ini benar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yaitu larangan minum dengan berdiri demikian pula makan, dan telah diriwayatkan bahwa Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam minum dengan berdiri, sehingga perkara dalam masalah ini lapang, semuanya benar walhamdulillah,  larangan itu hukumnya makruh.
Apabila seseorang butuh makan atau minum dengan berdiri tidak masalah, karena telah diriwayatkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam minum dengan duduk dan berdiri, sehingga apabila seseorang butuh kepada hal tersebut tidak masalah dia makan dan minum dengan berdiri, namun jika dia duduk itu yang lebih utama dan lebih baik, karena telah diriwayatkan Beliau shallallahu 'alahi wa sallam minum air zamzam dengan berdiri, dan diriwayatkan pula dari hadits Ali radhiyallahu 'anhu, Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam minum dengan berdiri dan duduk, sehingga perkara dalam masalah ini lapang, dan minum serta makan dengan duduk itu lebih utama dan lebih lezat, namun jika dia minum dan makan dengan berdiri tidak masalah.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=84222

WHATSAPP AL-UKHUWWAH

WA Al Istifadah
WALIS
http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar