Cari Blog Ini

Minggu, 26 Oktober 2014

Tentang MENDAHULUKAN QADHA PUASA WAJIB SEBELUM MELAKUKAN PUASA SUNNAH

Pertanyaan:
Apa hukum melaksanakan shaum sunnah, seperti shaum 6 hari bulan Syawwal, shaum 10 pertama bulan Dzulhijjah, dan shaum ‘Asyura, bagi seorang yang memiliki hutang Ramadhan yang belum ia bayar?

Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah menjawab:
Yang wajib bagi seorang yang memiliki hutang qadha` Ramadhan untuk mendahulukan qadha` sebelum ia melakukan shaum Nafilah. Karena ibadah wajib lebih penting daripada ibadah nafilah, menurut pendapat yang paling benar di antara berbagai pendapat para ‘ulama.

[Majmû' Fatâwâ wa Maqâlât Mutanawwi'ah XV/394-395, fatwa no. 152]

###

FATWA LAJNAH DAIMAH
(Soal kedua dari fatwa no. 11.663)

Pertanyaan:
صيام ستة أيام من شوال يعتبر تطوعًا فإذا صامت المرأة ستة أيام من شوال فهل يكفي هذا أو يجزئ عن صيام ما أفطرته في رمضان، أم عليها أن تصوم 12 يومًا منه قضاء ومنه تطوعًا وجزاكم الله خيرًا؟
Puasa enam hari bulan syawwal tergolong sunnah hukumnya, apabila seorang wanita telah berpuasa enam hari bulan syawwal, apakah itu sudah mencukupi atau bisa membayar hutang puasa yang dia berbuka di bulan ramadhan, ataukah dia tetap harus berpuasa 12 hari, sebagian untuk mengqadha sebagiannya untuk puasa sunnahnya?

Jawaban:
لا يكفي من عليه قضاء من شهر رمضان أن يصوم ستًّا من شهر شوال عن القضاء تطوعًا بل يجب أن يصوم ما عليه من القضاء ثم يصوم ستة أيام من شوال إذا رغب في ذلك قبل انسلاخ الشهر
Orang yang punya hutang puasa ramadhan tidak cukup baginya (dibayar dengan) puasa enam hari syawwal puasa sunnah. Bahkan dia wajib membayar hutang puasanya dulu, kemudian baru berpuasa enam hari syawwal, jika ia menginginkan hal itu sebelum berakhir bulan syawwal.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم
Hanya Allah lah tempat memohon taufiq. Semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga beliau dan sahabat beliau.

Sumber:
www .alifta .net/Fatawa/fatawaDetails .aspx?languagename=arView=PagePageID=72PageNo=1BookID=12

Alih bahasa:
Ustadz Abu Hafs Umar al Atsary

Forum Salafy Indonesia

###

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan:
فضيلة الشيخ، ما رأيك فيمن كان عليه صيام قضاء فأدركه يوم عرفة، أو يوم عاشوراء، وأراد أن يصومه، ويؤخر القضاء؟
"Wahai Syaikh yang mulia.
Bagaimana pendapat anda tentang seseorang yang memiliki hutang puasa (Ramadhan), kemudian ia  menjumpai hari Arafah atau hari 'Asyura dan ia ingin berpuasa pada hari tersebut dan menunda qadhanya?"

Jawaban:
نرى أنه لا بأس أن يصوم الإنسان يوم عرفة، أو يوم عاشوراء، وعليه قضاء؛ لأن وقت القضاء موسع إلى أن يبقى من شعبان بمقدار ما عليه من الصوم، لكننا نختار أن يبدأ بالقضاء، ويصوم يوم عرفة بنية القضاء، وربما إذا صامه بنية القضاء يحصل له الأجران: أجر صوم يوم عرفة وأجر القضاء
"Kami memandangnya tidak mengapa seseorang berpuasa Arafah atau 'Asyura dalam keadaan ia masih memiliki hutang puasa Ramadhan, karena waktu membayar hutang itu luas (panjang) sampai jumlah hari hutang puasa, sebelum Sya'ban berakhir.
Akan tetapi, kita lebih memilih untuk mendahulukan puasa qadha dan berpuasa pada hari Arafah dengan niat puasa qadha.
Dan tatkala ia berpuasa dengan niat qadha, dia akan mendapatkan 2 pahala; Pahala puasa Arafah dan
pahala puasa qadha."
وأما صيام الست من شوال، فلا ينال ثوابها إلا إذا أتم صيام رمضان، وذلك لأن الست تابعة لرمضان؛ لقول النبي -صلى الله عليه وعلى آله وسلم-: من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال فكأنما صام الدهر
Dan adapun puasa 6 hari di bulan Syawwal, maka ia tidak akan mendapatkan pahala puasa tersebut kecuali sampai menyempurnakan puasa Ramadhannya.
Hal itu dikarenakan puasa 6 hari Syawwal mengiringi Ramadhan, berdasarkan sabda Nabi صلى الله عليه وسلم, "Barang siapa berpuasa Ramadhan kemudian dia mengiringinya dengan  puasa 6 hari di bulan Syawwal, maka ia seperti berpuasa setahun penuh."

Sumber:
Silsilah Liqa`atil babil maftuh>Liqa`ul babil maftuh [77]
Puasa >Puasa sunnah

http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/od_077_06.mp3

Diterjemahkan oleh Aisyah bintu Abu Sa'id Hamzah hafizhahumallah pada hari Senin, 30 Dzulqa'dah 1436 H / 14 September 2015

Admin Salafiyat Indonesia (ASIA)

WA Al Istiqomah
WALIS
http://walis-net.blogspot.com/p/depan.html

###

Apakah boleh berpuasa 'Arafah bagi seorang yang masih memiliki tanggungan qadha' Ramadhan?

Ibnu Baz berkata:
"Apabila ia masih memiliki tanggungan/kewajiban qadha, maka mulailah dengan qadha'. Dan bila pada hari 'Arafah ia berpuasa qadha dan pada sembilan hari (awal DzulHijah) ia berpuasa qadha, maka ini baik." (Majmu' al-Fatawa 15/406)

Apakah diperbolehkan melakukan puasa qadha dan puasa nafilah dengan satu niat seperti puasa 'Arafah dan qadha Ramadhan dengan satu niat?

Ibnu 'Utsaimin mengatakan:
"Apabila yang dimaksudkan ialah anda berpuasa hari 'Arafah dengan puasa qadha atau 'Asyura dengan qadha yaitu anda menunaikan puasa qadha pada hari 'Arafah atau pada hari 'Asyura, maka tidak mengapa dan anda akan mendapatkan pahala." (Majmu' al-Fatawa 20/49)

Apakah boleh puasa pada hari 'Arafah bila diniatkan untuk melakukan qadha' ataukah tidak?

Al-Lajnah ad-Daimah:
"Boleh puasa pada hari 'Arafah untuk mengqadha sehari dari puasa Ramadhan apabila diniatkan qadha."
(Al-Lajnah ad-Daimah, 10/347)

Apa hukum seorang yang melakukan puasa 'Arafah dengan tujuan tathawu' (mengerjakan sunnah) sedangkan ia masih memiliki kewajiban (qadha) puasa Ramadhan?

Al-Lajnah ad-Daimah:
"Barang siapa mengerjakan puasa 'Arafah dengan maksud tathawu' sedangkan ia masih memiliki kewajiban qadha puasa dari hari Ramadhan, maka puasanya tetap sah. Namun yang disyariatkan baginya ialah tidak mengakhirkan qadha'." (Al-Lajnah ad-Daimah 10/399)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar