Cari Blog Ini

Senin, 20 Juli 2015

Tentang SURAT YANG DIBACA PADA SALAT ID DAN SALAT JUMAT

Al-‘Allaamah asy-Syaikh al-Utsaimin rahimahullah

Tata cara shalat Idul Fitri dan Adha adalah imam mengimami kaum muslimin dua rakaat, bertakbir pada rakaat pertama takbiratul Ihram, kemudian bertakbir setelahnya 6 kali takbir. *)
Setelah itu imam membaca al-Fatihah dan membaca surat ‘QAF’ pada rakaat pertama. Pada rakaat kedua, dia berdiri sambil bertakbir. Jika telah sempurna berdirinya, maka setelah itu bertakbir sebanyak 5 kali. Setelah itu membaca al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat ‘IQTARABATIS SAA’ATU WANSYAQQAL QAMAR’. Dua surat ini dulu dibaca oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pada shalat Idul Fitri dan Adha. Jika ingin membaca surat ‘SABBIHIS’ (al-A’la) pada rakaat pertama dan surat ‘HAL ATAKA HADIITSUL GHAASYIYAH’ (al-Ghasyiyah) pada rakaat kedua (tidak mengapa).
Ketahuilah, bahwa shalat jumat dan shalat Id itu bersatu dalam dua surat dan berbeda dalam dua surat. Dua surat yang terkumpul pada dua shalat tersebut adalah surat al-A’la dan al’Ghasyiyah. Dan dua surat yang terbedakan pada dua shalat tersebut adalah pada shalat Id dibaca surat QAF dan ‘IQTARABAT’, adapun pada shalat jumat surat al-Jumah dan al-Munafiqun. Seyogyanya bagi kita untuk menghidupkan sunnah membaca surat-surat ini, sehingga kaum muslimin mengetahuinya dan tidak mengingkarinya ketika hal ini diamalkan.
Kemudian setelah itu berkhutbah, dan hendaknya (diakhir khutbah) khatib sedikit mengkhususkan nasehat dalam khutbahnya untuk ditujukan kepada para wanita dan memerintahkan mereka untuk menunaikan hal-hal yang sudah semestinya mereka tunaikan, serta melarang mereka dari perkara-perkara yang harus ditinggalkan, hal ini sebagaimana pernah dilakukan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. [Majmu’ Fatawa asy-Syaikh al-Utsaimin 16/238-239]

Diterjemahkan oleh Abu Ubaidah Iqbal bin Damiri al-Jawi di kota Ambon Manise,
29 Ramadhan 1436 H/16 Juli 2015

*) Lihat postingan sebelumnya Tentang TAKBIR TAMBAHAN PADA SALAT ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar