Cari Blog Ini

Rabu, 05 November 2014

Tentang MAKAN BERSAMA DALAM SATU WADAH ATAU NAMPAN

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Makanan yang paling dicintai oleh Allah adalah bila banyak tangan (berjamaah pada makanan tersebut).” (Diriwayatkan oleh Abu Ya’la di dalam Musnad-nya dan selain beliau dari Jabir radhiallahu anhu dan hadits ini dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani di dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, 2/562, no. 895)

Wahsyi bin Harb radhiallahu anhu berkata:
ﺃَﻥَّ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ : ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ، ﺇِﻧَّﺎ ﻧَﺄْﻛُﻞُ ﻭَﻻَ ﻧَﺸْﺒَﻊُ؟ ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﻠَﻌَﻠَّﻜُﻢْ ﺗَﻔْﺘَﺮِﻗُﻮْﻥَ. ﻗَﺎﻟُﻮﺍ: ﻧَﻌَﻢْ. ﻗَﺎﻝَ: ﻓَﺎﺟْﺘَﻤِﻌُﻮﺍ ﻋَﻠَﻰ ﻃَﻌَﺎﻣِﻜُﻢْ ، ﻭَﺍﺫْﻛُﺮُﻭﺍ ﺍﺳْﻢَ ﺍﻟﻠﻪِ ، ﻳُﺒَﺎﺭَﻙْ ﻟَﻜُﻢْ ﻓِﻴْﻪِ
Para shahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak pernah kenyang?”
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Jangan-jangan kalian makan berpencar (sendiri-sendiri)?”
Mereka menjawab, “Iya.”
Beliau bersabda, “Berjamaahlah (berkumpullah) kalian pada makan kalian dan bacalah nama Allah niscaya Allah akan menurunkan barakah.”
(HR. Abu Dawud no. 3764, dihasankan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud)

Samurah bin Jundub radhiallahu anhu berkata:
Di saat kami bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kami saling bergantian menyantap hidangan di sebuah tempayan sepuluh orang sepuluh orang, mulai dari pagi hari sampai malam hari. Kami berkata, “Darimana bertambah dan banyak?”
Beliau berkata: “Kenapa kamu heran! Tidak ada yang menjadikannya bertambah banyak melainkan dari sini (beliau mengisyaratkan tangannya ke langit).”
(Diriwayatkan oleh Al-Imam At- Tirmidzi no. 3886 dan beliau berkata: “Hadits shahih hasan.” Dishahihkan oleh Asy-Syaikh Muqbil di dalam kitab beliau Al-Jami’ush Shahih (4/188) dengan mengatakan haditsnya shahih berdasarkan syarat Al-Bukhari dan Muslim dan dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani di dalam kitab Shahih Sunan At-Tirmidzi no 2866, 3/192 dan Al-Misykat no. 5958)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
ﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟْﺎِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻛَﺎﻓِﻲ ﺍﻟﺜَّﻼَﺛَﺔِ، ﻭَﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟﺜَّﻼَﺛَﺔِ ﻛَﺎﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔِ
“Makanan dua orang bisa mencukupi tiga orang, dan makanan tiga orang bisa mencukupi empat orang.” (HR. Al-Bukhari no. 5392 dan Muslim no. 2058 dari Abu Hurairah radhiallahu anhu)

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
ﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟْﻮَﺍﺣِﺪِ ﻳَﻜْﻔِﻲ ﺍﻟْﺎِﺛْﻨَﻴْﻦِ، ﻭَﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟْﺎِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﻳَﻜْﻔِﻲ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔَ، ﻭَﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟْﺄَﺭْﺑَﻌَﺔِ ﻳَﻜْﻔِﻲ ﺍﻟﺜَّﻤَﺎﻧِﻴَﺔَ
“Makanan satu orang bisa mencukupi dua orang, makanan dua orang bisa mencukupi empat orang, dan makanan empat orang bisa mencukupi delapan orang.” (HR. Muslim no. 2059 dari Jabir bin Abdillah radhiallahu anhu) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar