Cari Blog Ini

Kamis, 02 Oktober 2014

Tentang JUMLAH RAKAAT SHALAT TARAWIH DAN SHALAT MALAM

Dari Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, beliau bertanya pada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha tentang sifat shalat Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan, beliau menjawab, “Tidaklah (Rasulullah) melebihkan (jumlah rakaat) pada bulan Ramadhan dan tidak pula pada selain bulan Ramadhan dari 11 rakaat.” (HR. al-Imam al-Bukhari)

Aisyah radhiallahu anha dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan shalat sebelas rakaat pada waktu antara selesai shalat isya sampai subuh.” (HR. Muslim no. 736)

“Beliaulah ('Aisyah) yang paling mengetahui tentang keadaan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam di malam hari daripada lainnya.” (Fathul Bari, 4/299)

Asy-Syaikh Nashiruddin al-Albani berkata, “(Jumlah) rakaat (shalat tarawih) adalah 11 rakaat. Kami memilih tidak lebih dari (11 rakaat) karena mengikuti Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam, maka sesungguhnya Beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak melebihi 11 rakaat sampai beliau Shalallahu ‘alaihi wa sallam wafat.” (Qiyamu Ramadhan, hlm. 22)

Dari Sa’ib bin Yazid beliau berkata, “’Umar bin al-Khaththab memerintahkan pada Ubai bin Ka’b dan Tamim ad-Dari untuk memimpin shalat berjamaah sebanyak 11 rakaat.” (HR. al-Imam Malik, lihat al-Muwaththa Ma’a Syarh az-Zarqani, 1/361 no. 249)

Asy-Syaikh Nashiruddin al-Albani berkata dalam al-Irwa’ (2/192) tentang hadits ini, “(Hadits) ini isnadnya sangat sahih.”

Asy-Syaikh Muhammad al-‘Utsaimin berkata, “(Hadits) ini merupakan nash yang jelas dan perintah dari ‘Umar, dan (perintah itu) sesuai dengannya karena beliau termasuk manusia yang paling bersemangat dalam berpegang teguh dengan As-Sunnah. Apabila Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak melebihkan dari 11 rakaat maka sesungguhnya kami berkeyakinan bahwa ‘Umar radhiyallahu ‘anhu akan berpegang teguh dengan jumlah ini (yaitu 11 rakaat).” (asy-Syarhul Mumti’)

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam sholat antara selesainya dari sholat isya` sampai sholat fajr (sholat subuh) sebelas raka’at. Beliau salam setiap dua raka’at dan witir dengan satu raka’at.” (HR. Muslim)

Rasulullah bersabda:
ﺻَﻼَﺓُ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻣَﺜْﻨَﻰ ﻣَﺜْﻨَﻰ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺧِﻔْﺖَ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢَ ﻓَﺄَﻭْﺗِﺮْ ﺑِﻮَﺍﺣِﺪَﺓٍ
“Shalat malam itu dua raka’at dua raka’at, jika kamu takut masuk waktu shubuh maka witirlah satu raka’at.” (HR. Muslim no.749)
Sehingga shalat malam itu paling sedikit satu raka’at (yaitu shalat witirnya saja).

Dari Aisyah radhiallahu anha dia berkata:
ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺇِﺫَﺍ ﻗَﺎﻡَ ﻣِﻦْ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟِﻴُﺼَﻠِّﻲَ ﺍﻓْﺘَﺘَﺢَ ﺻَﻠَﺎﺗَﻪُ ﺑِﺮَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﺧَﻔِﻴﻔَﺘَﻴْﻦِ
“Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun di malam hari untuk menunaikan shalat malam, biasanya beliau memulai shalatnya dengan dua rakaat ringan.” (HR. Muslim no. 767)

Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar