Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Maret 2015

Tentang IBADAH KHUSUS DI BULAN RAJAB

Tanya: Apakah ada perintah melaksanakan puasa pada awal bulan Rajab?

Ustadz Muhammad as Sarbini:
Tidak ada anjuran khusus untuk puasa Rajab. Ibnu Hajar al-‘Asqalani rahimahullah menegaskan dalam kitab Tabyin al-‘Ajab bi Ma Warada fi Fadhli Rajab bahwa tidak ada hadits sahih yang bisa dijadikan hujah mengenai keutamaan bulan Rajab dan keutamaan puasa Rajab serta ibadah lainnya di bulan itu. Abu Dawud rahimahullah meriwayatkan dari Sa’id bin Jubair rahimahullah yang bertanya kepada Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tentang puasa Rajab. Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma menjawab,
“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa sampai-sampai kami berkata, ‘Beliau tidak berbuka,’ dan beliau berbuka sampai-sampai kami berkata, ‘Beliau tidak berpuasa’.” (Dinyatakan sahih oleh al-Albani)
Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma memberi jawaban yang bersifat umum, karena tidak ada sunnah Rasul secara khusus untuk puasa Rajab. Urusan puasa di bulan Rajab sama seperti di bulan-bulan lainnya yang tidak memiliki keutamaan khusus.
Akan tetapi, ada sunnah puasa tiga hari setiap bulan dan puasa Senin-Kamis. Kecuali bulan tertentu yang dianjurkan berpuasa padanya, seperti Muharam dan Sya’ban.

Tanya:
“Allahumma bariklana fii Rajab wa Sya’ban wa balighna Ramadhan.”
“Ya Allah, Berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke dalam bulan Ramadhan.”
Apakah hadits tersebut sahih?

Ustadz Muhammad as Sarbini:
Hadits ini dikeluarkan oleh Abu Bakr al-Bazzar dalam Musnad-nya dengan kelemahan yang keras sebagaimana diterangkan oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam kitab Tabyin al-‘Ajab bi Ma Warada fi Syahri Rajab. Dikeluarkan pula oleh al-Baihaqi dan Ibnu ‘Asakir, dinyatakan dha’if (lemah) oleh al-Albani dalam kitab Dha’if al-Jami’ no. 4395. Alhasil, tidak ada hadits yang tsabit (benar) dalam hal keutaman bulan Rajab dan keutamaan ibadah secara umum di bulan Rajab, termasuk shalat dan puasa.

Asy Syariah Edisi 095

Tidak ada komentar:

Posting Komentar